Tugas
1 Softskill : Pengantar Bisnis Informatika
NPM : 55414888
NAMA
: KIKI GUMILAR
KELAS
: 4IA08
I. Buatlah tulisan yang membahas tentang
Definisi umum : Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis
informatika, cantumkan sumber pustakanya.
II.
Pilihlah salah satu jenis Bisnis Informatika
(e-commerce/software house/consultant). Perhatikan bagaimana teknik penjualan
perangkat TIK, pemasangan dan pemeliharaan jaringan komputer dan perangkat TIK
lainnya yang ada di lingkungan perusahaan tersebut, beri komentar secara
pribadi tentang kelebihan dan kekurangan yang ada, cantumkan sumber pustakanya.
III.
Jelaskan perkembangan Bisnis Informatika di
Indonesia dan dunia, cantumkan sumber pustakanya.
Jawab
I.
Pembahasan I
Pengertian Bisnis Secara Umum
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara
historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang
berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan
waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis
mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan
meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang
bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana
seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung
lingkupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha,
yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari
laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor
pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas
merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang
dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan
perdebatan hingga saat ini.
Definisi
Bisnis Menurut Para Ahli:
·
Gloss,Steade dan Lowry ( 1996 ) mereka
mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh
orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang
menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki
standart serta kualitas hidup mereka.
·
Allan Afuah ( 2004 ) beliau mengartikan
bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan
dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi
barang atau jasa yang di inginkan konsumen.
·
Steinford mengartikan bisnis sebagai suatu
lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Menurut
Steinford, jika kebutuhan masyarakan meningkat, lembaga bisnis pun akan
meningkat perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memproleh laba.
·
Chwee (1990) Menurutnya, bisnis merupakan
suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat. Sementara itu, menurut Grifin dan Ebert, bisnis adalah suatu
organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan.
·
Griffin dan Ebert (1996) Beliau mengartikan
bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau
diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang
memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan
yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima,
warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat
Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
·
Hughes dan Kapoor Beliau mengartikan bisnis
adalah aktifitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk
menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba
apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari
total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik
utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis
dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
Berdasarkan
dari beberapa pendapat para ahli atau pakar, bisnis merupakan kegiatan yang
dilakukan baik oleh individu maupun sekelompok orang dalam suatu organisasi
untuk menciptakan nilai (value) melalui produksi barang dan jasa untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat serta memperoleh keuntungan melalui transaksi atau jual
beli. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa bisnis mempunyai ciri-ciri sebagai
berikut : Merupakan kegiatan individu atau kelompok, Terorganisasi (adanya
manajemen), Memproduksi barang atau jasa, Menciptakan nilai, Produksi dihasilkan
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Melakukan transaksi atau pertukaran, Mendapatkan
laba (keuntungan) dari kegiatannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Pengertian TIK
Informatika
merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu
data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup
beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi,
sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi
manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi
dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan
menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sebuah
payung besar dari perkembangan teknologi dan informasi di jaman ini. TIK ini
mencakup semua keperluan teknis untuk memperoses dan menyampaikan sebuah
informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan
pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat
satu ke perangkat lainnya. Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi
merupakan dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi memiliki perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan
informasi antar media. Istilah TIK ada setelah adanya perpaduan antara
teknologi komputer (perangkat keras ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi
pada pertengahan abad ke-20.
Bisnis Informatika
Bisnis
Informatika memiliki pengertian suatu kegiatan yang dilakukan individu atau
sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan
keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis
informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang
pesatnya pula teknologi informasi karena bisnis informatika muncul karena
adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Kegiataan yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan
keuntungan dan dilakukan dengan bantuan teknologi informatika memiliki kaitan
dengan bisnis informatika, apapun bidangnya selama kita melakukan dengan
bantuan teknologi itu termasuk ke dalam bisnis infromatika contohnya: segala
kegiataan transaksi jual beli online saat ini. transaksi seperti ini sangat
memudahkan para penjual ataupun pembeli tanpa ada batasan jarak dan waktu cukup
dengan modal computer,tablet ataupun smartphone penjual dan pembeli dapat
melakukan proses transaksi dimanapun dan kapanpun.
Bisnis Informatika merupakan perpaduan atau
penggabungan dari bisnis dan teknologi informasi dan komunikasi. Di jaman
globalisasi yang semakin berkembang ini, teknologi berperan penting dalam
pertumbuhan bisnis di Indonesia. Salah satu bidang informatika yang terbilang
populer dan disukai oleh banyak orang adalah e-commerce.
Sumber
Pustaka
II.
Pembahasan II
Jenis
bisnis informatika yang saya pilih adalah E-commerce (jual beli
online). Pada bisnis informatika ini saya memilih https://www.tokopedia.com/.
Tokopedia.com merupakan sebuah toko online yang dimiliki oleh Indonesia.
Website ini menjual berbagai macam barang elektronik,peralatan kantor dan
peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, kosmetik, perlengkapan bayi, dll.
Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari(search engine) yang akan memudahkan
pencarian barang yang diinginkan, dan terdapat juga fitur direktori yang dapat
dimanfaatkan sebagai catalog belanja. Tokopedia bekerjasama dengan agen
pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status
pengiriman barang.
Teknik penjualan:
Tokopedia
melakukan pembakuan nama domain dengan format
http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan
produk-produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product. Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang
tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa brandingnya.
Untuk
memicu pertumbuhan toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang
diurutkan berdasarkan volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured
shop yang akan mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi
sayangnya tidak (belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop
ini. Kemudian Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan
halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian
lewat mesin pencari.
Penjual
bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di
halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang
disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu
jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses
Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa
dengan barang yang sama atau barang yang lain.
Setelah
memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai
Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia
secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut
harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di
halaman 1 Tokopedia. Produk-produk yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung
dilinkkan ke wall Facebook dan Twitter penjual. Caranya sangat gampang. Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu
isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter,
maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual.
Perancangan dan Pemeliharaan jaringan Tokopedia
Tokopedia
(www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung
konsep kumpulan berbagai toko online di Indonesia. Segala aktivitas jual beli
dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia.
Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang
memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.
Model
Bisnis Tokopedia yang dijalankan adalah Marketplace C2C (Customer to
Customer).C2C merupakan salah satu model e-commerce dalam hal ini
konsumen menjual secara langsung pada konsumen yang lain, atau dapat dapat juga
dikatakatan sebagai transaksi jual-beli antar konsumen. Aktivias C2C dapat
dilakukan dengan berbagai cara melalui internet. Model bisnis dimana
website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan
saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Indikator utama
bagi sebuah website marketplace yaitu: seluruh transaksi online harus
difasilitasi oleh website yang bersangkutan, bisa digunakan oleh penjual
individual
Kegiatan
jual beli di website marketplace harus menggunakan fasilitas transaksi online
seperti layananescrow atau rekening pihak ketiga untuk menjamin keamanan
transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran setelah barang diterima
oleh pembeli. Selama barang belum sampai, uang akan disimpan di rekening pihak
ketiga. Apabila transaksi gagal, maka uang akan dikembalikan ke tangan pembeli.
Cara mencari uang: layanan penjual premium, iklan premium, dan komisi dari
setiap transaksi. Jenis penjual: situs marketplace seperti ini lebih cocok bagi
penjual yang lebih serius dalam berjualan online. Biasanya sang penjual
memiliki jumlah stok barang yang cukup besar dan mungkin sudah memiliki toko
fisik.
Tokopedia
memanfaatkan word of mouth di jaringan anggota forum, untuk menyebar pemasaran
viral. Sebab, William dan Leon adalah Super Moderator dan anggota aktif di
Forum KafeGaul. Mereka selalu melibatkan komunitas untuk menentukan pilihan
logo, desain, dan semacamnya. Oleh karenanya, saat mereka Tokopedia meluncur
pertama kali dalam versi beta pada 17 Agustus 2009, mereka sudah memiliki 70
toko di dalamnya.
Dalam
waktu singkat, Tokopedia berkembang pesat, baik dari jumlah anggota aktif,
maupun jumlah toko baru yang dibuat. Sekitar enam bulan berselang, Tokopedia
membukukan total transaksi sebesar Rp 1 miliar. Dan dalam waktu delapan bulan,
meningkat lagi menjadi Rp 1,8 miliar. Dari hanya berdua, kini Tokopedia juga
telah mempekerjakan enam karyawan, dan dalam waktu dekat akan menambah dua
karyawan lagi. Mereka pun tak kesulitan untuk mencari investor baru untuk first
round investment. Sebuah Venture Capital asal Singapura bernama East Ventures,
justru datang menawarkan dana investasi baru kepada Tokopedia.
Kelebihannya:
Proses
transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses
mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari
konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang
telah diterima. Banyak cara untuk melakukan promosi yang tidak membutuhkan
biaya, mulai dari website gratis, search engine organizer,komunitas jejaring
sosial hingga berbagai event yang diadakan oleh tokopedia untuk membantu
membernya promosi. Jenis barang yang beragam, tokopedia adalah kumpulan beragam
toko online yang menjual berbagai macam barang.
Kekuranganya:
karena
sistem yang digunakan tergolong masih baru, penjual masih banyak yang tidak
mengikuti aturan untuk mengirim barang terlebih dahulu setelah pembeli
mengirimkan uang ke pihak tokopedia, karena masih memegang prinsip tidak ada
uang, tidak ada barang-barang yang dijual belum lengkap, dan tokpedia juga
belum menerima etalase barang yang harganya 10juta keatas.
DAFTAR PUSTAKA
[2]http://yuhartadi.blogspot.com/2013/11/makalah-e-commerce.html [3] http://www.slideshare.net/indriaminati/tokopedia
III.
Pembahasan III
Saat
ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika, contohnya warnet, jual-beli online (e-commerce), konsultan
IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.
Pada
era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika
hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti
komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuhkan hardware yang
berukuran sangat besar. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di
bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja, sekarang ini sudah
sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi
database, internet, game online, jual beli online, situs
jejaring sosial dan lain-lain.
Maraknya
perkembangan bisnis informatika di Indonesia tidak lepas dari sedang
berkembang pesatnya teknologi yang ada di Indonesia dan banyaknya pengguna
teknologi itu sendiri. Sebagai contoh, banyaknya e-commerce (jual
beli barang di internet) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin
banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting
pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Selain karena faktor
pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah
faktor modal. Berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak
modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang
informatika yang dipilih karena faktor tersebut. Cukup dengan membuat sebuah
situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking (sosialisasi) yang
bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan
berdatangan dan keuntungan pun didapat.
Dilihat
dari factor-faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang
berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Seiring dengan
berkembangnya zaman, tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti
seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.
Jenis
dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
a. Produk
·
Hardware / Perangkat Keras adalah bisnis
yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
·
Software / Perangkat Lunak adalah bisnis
yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.
b. Jasa
·
Software House (pembuatan software sesuai
permintaan)
·
Seorang atau sekelompok orang atau
perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan
atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk
inventory management, purchasing/selling products and services, Account based
dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera (cctv/
webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan
kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis
usaha (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
·
E-commerce (jual-beli online), E-commerce
merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan
menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E.
Johnson).
·
Infrastruktur Komputer adalah bisnis
Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti
Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
·
IT consultant menangani konsultasi di bidang
IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki
struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Sumber
Pustaka :
[4]http://rahmalitaaputri.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-bisnis-informatika-tugas-1.html
Komentar
Posting Komentar